Latar Belakang
Bulimia Nervosa merupakan suatu kelainan yang ditandai dengan episode berulang dari binge (makan dalam jumlah yang banyak), yang diikuti dengan memuntahkannya (baik dirangsang oleh penderita sendiri maupun dengan obat pencahar, diuretik (peluruh kemih) atau keduanya), diet yang sangat ketat, olah raga yang berlebihan untuk mengatasi efek dari binge.

Sebagian besar penderita adalah wanita, sangat peduli akan bentuk tubuh dan berat badan dan termasuk golongan sosial-ekonomi menengah ke atas.

Pentingnya kita mengetahui dan mengenali tentang penyakit ini agar semakin awal gangguan makan ini ditangani, maka kemungkinan untuk sembuh akan semakin besar. Jika tanda dan gejala dari gangguan makan ini dibiarkan sampai menjadi kebiasaan, maka orang yang terkena gangguan ini harus berjuang bertahun-tahun untuk sembuh. Salah satu intervensi yang dilakukan adalah penyebaran pesan melalui saluran komunikasi massa yaitu dengan menampilkan video ini agar masyarakat mengetahui bahayanya Bulimia Nervosa.

Tujuan

Tulisan ini mencoba menganalisa salah satu iklan layanan masyarakat yang dipublish oleh youtube yang berjudul “Bulimia PSA.” Analisa akan mencakup siapa target audiens yang tepat sesuai dengan isinya, serta analisa rencana penayangannya yang sesuai dengan target audiens tersebut. Adapun iklan yang dimaksud adalah sebagai berikut:





Pembahasan

Pemeran

Iklan ini diperankan oleh 4 orang wanita yang terdiri dari seorang remaja pemeran utama (17an), beserta ketiga teman sekolahnya.

Setting Lokasi

Adegan dalam iklan mengambil tempat di lingkungan sekolah yang dapat dilihat dari adegan awal terlihat latar kantin di sekolah dan juga pada adegan akhir si pemeran utama terlihat memuntahkan makanannya di toilet sekolah.

Gaya penyampaian pesan

Pesan disampaikan dalam bentuk yang sekuensial dalam kehidupan nyata. Penderita Bulimia dihantui perasaaan cemas akan eksistensinya. Dalam iklan ini didukung oleh narasi dalam bentuk tulisan yang menggambarkan pesan iklan tersebut. Pesan juga disampaikan dengan gaya yang mendekati kehidupan nyata sehingga lebih dimengerti.

Target audiens

Peran utama dari iklan ini merupakan seorang remaja puteri dengan postur tubuh yang padat berisi. Oleh karenanya, tak ayal jika sasaran utama dari iklan ini adalah remaja puteri, yang notabenenya sangat mementingkan penampilan dan menganggap bahwa memiliki tubuh langsing merupakan hal yang ideal. Setting lokasi adalah spot-spot yang terdapat di sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa iklan ditujukan untuk membuat remaja puteri, dengan kisaran antara SMP hingga SMA atau dengan usia 12-17 tahun menyadari akan ancaman di balik bulimia.

Target program televisi

Remaja usia SMP hingga SMA identik dengan eksistensi dalam pencarian jati diri. Eksistensi ini terkadang muncul dengan mengikuti beberapa tayangan yang mencerminkan diri remaja secara khusus dalam suatu program televisi. Tak ayal jika televisi terkadang juga identik dengan remaja. Untuk itu, tempat tayang harus disesuaikan dengan kegemaran remaja puteri tersebut dan berkaitan dengan eksistensi dirinya. Hal ini dapat terefleksikan dalam program reality show, infotainment, sinetron-sinetron ataupun film televisi bertajuk remaja, serta tayangan terkait life style, seperti tayangan musik dan juga fashion.

Rancangan program dan biaya penayangan

Dari pembahasan dan analisa di atas, maka berikut ini akan dipaparkan secara lebih detil tentang rancangan stasiun televisi, program siaran, frekuensi dan biaya penayangannya.
untuk unduh budgeting disini

Penyusun:
Devani Ersa 0706272805
Devi Partina Wardani 0706272824
Neisya A Keswani 0706273524
Nilam Winanda 0706273543
Putri Wulandari C 0706273745


0 komentar:

Posting Komentar